December 2, 2021
Ingin Membeli Toyota Raize Secara Kredit? Simak Dulu Tips Berikut Ini

Ingin Membeli Toyota Raize Secara Kredit? Simak Dulu Tips Berikut Ini

Membeli sebuah mobil memang membutuhkan dana yang relatif besar, salah satunya adalah Toyota Raize. Oleh karena itu, kebanyakan orang membeli menggunakan sistem kredit agar bisa mendapatkan promo Raize. Di satu sisi, pembelian secara kredit memang memudahkan karena bisa dicicil. Akan tetapi, banyak juga yang terjebak sehingga mengalami masalah keuangan.

Tidak mampu mengelola pengeluaran adalah salah satu faktor kenapa banyak orang merasa sangat berat dalam membayar cicilan. Mengetahui harga Toyota Raize yang ada di kisaran 200 juta, tentu saja dibutuhkan manajemen keuangan tepat. Agar terhindar dari masalah tersebut, Anda bisa mengikuti tips dalam melakukan kredit berikut ini.

Tips Melakukan Kredit Toyota Raize

  1. Melakukan budgeting

Dalam membeli barang apapun, terutama dengan harga cukup tinggi seperti mobil memang dibutuhkan budgeting secara tepat. Hal ini bertujuan agar setelah melakukan pembelian, Anda tidak mengalami berbagai masalah keuangan yang berujung pada utang. Tentu saja jika ini dibiarkan terlalu lama dapat mengganggu gaya hidup.

Untuk melakukan budgeting sebenarnya cukup mudah. Pertama, Anda harus mengetahui berapa harga mobil yang ingin dibeli. Setelah itu, alokasikan dana sebesar itu. Apabila uang masih belum cukup, tabung penghasilan selama beberapa bulan hingga memenuhi angka ini. Setelah budget dirasa sudah memenuhi, barulah Anda melakukan pembelian.

Membeli secara kredit memang membutuhkan perhitungan matang, apalagi jika Anda ingin mencicil dalam jangka waktu panjang seperti 4 atau 5 tahun. Anda tidak dapat menjamin setiap bulan bisa memiliki pendapatan sama karena pasti ada kebutuhan mendadak dalam suatu waktu. Jadi, inilah pentingnya melakukan budgeting terlebih dahulu.

  1. Menghitung rincian harga mobil

Biasanya dari pihak dealer akan memberikan beberapa rincian biaya cicilan mobil dengan masing-masing tempo pembayarannya. Perhitungkan hal ini betul-betul. Terlebih jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta. Biaya hidup di daerah tersebut pasti lumayan tinggi. Sempatkan untuk mencari apakah ada promo Raize Jakarta agar bisa mendapatkan harga lebih miring.

Secara umum, ketika membeli mobil secara kredit, ada dua biaya yang perlu dibayar, yakni uang muka serta cicilan. Pastikan pendapatan bulanan Anda berada di atas biaya cicilan tersebut ditambah kebutuhan hidup lainnya. Daftar rincian biaya ini akan membantu Anda membuat rancangan anggaran ke depannya.

  1. Membandingkan dealer

Apabila di tempat tinggal Anda terdapat lebih dari satu dealer, cobalah melakukan perbandingan pada dealer tersebut. Jangan ragu mendatanginya agar bisa mendapatkan selisih harga lebih murah. Meskipun tidak terlalu besar, namun setidaknya ini bisa sedikit membantu pengeluaran Anda. Biasanya setiap dealer juga memberikan promo berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda menemukan dealer paling tepat.

  1. Memilih bank

Hampir semua bank di Indonesia sudah mempunyai fasilitas kredit kendaraan bermotor dengan skema yang hampir mirip. Memilih sumber dana dari pihak ini akan memungkinkan mendapat bunga lebih rendah dibandingkan sumber kredit lainnya. Karena bunga ini akan mempengaruhi biaya cicilan bulanan, tentu saja Anda harus memperhatikannya betul-betul.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa biasanya pihak bank memerlukan proses verifikasi sekitar 14 hari kerja. Apabila lolos, maka proses kredit kendaraan bisa segera dilakukan. Pada kasus lain, ada juga proses verifikasi final, yakni pihak bank melakukan survey aset Anda terlebih dahulu.

  1. Memilih uang muka besar

Jangan mudah tergoda dengan uang muka yang rendah. Meskipun terlihat ringan di awal, justru biaya cicilan akan lebih tinggi. Begitu juga sebaliknya, uang muka besar akan membuat cicilan bulanan menjadi lebih ringan. Beberapa dealer biasanya memberikan uang muka 10% hingga 30%. Apabila Anda memang mampu membayar di atas itu maka jauh lebih baik.

Sebagai catatan, pastikan Anda membayar menggunakan uang sendiri. Jangan pernah menggunakan pinjaman guna melakukan pembayaran uang muka yang besar. Hal tersebut malah akan berujung memiliki dua utang sekaligus sehingga di akhir akan terasa sangat berat.

Pada intinya, agar bisa mendapatkan sedikit keuntungan, cobalah terus memantau apakah ada promo Raize terbaru atau tidak. Mengingat produk ini sangat digemari oleh masyarakat, hal tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit didapatkan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mempersiapkan dana sebaik mungkin agar dapat membayar cicilan secara lancar.